Tuesday, November 6, 2018

Menghormati Orang Tua

Menghormati orang tua adalah suatu hal yang terdengar sangat mudah untuk dilakukan. Mungkin kita semua selalu berkata “saya sudah menghormati orang tua” tetapi, terkadang tanpa disadari, kita pasti pernah melakukan suatu hal yang tidak bersifat menghormati orang tua.
Orang tua adalah kedua orang yang telah membesarkan kita dari kita kecil. Ibu, yang telah melahirkan kita, dan ayah yang telah menafkahi kita.
Kedua orang yang telah mendidik dan membesarkan kita sampai saat ini. Kedua pahlawan yang sangat berjasa. Tentu saja, mereka tidak pernah meminta bayaran apapun dan tidak ada hal di dunia ini yang bisa membayar mereka setimpal dengan apa yang mereka telah beri. Oleh karena itu, satu-satunya hal yang kita bisa lakukan untuk mereka adalah membuat mereka bangga agar mereka tidak merasa gagal dalam membesarkan kita, dan salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah menghormati mereka.

Mengapa kita harus menghormati mereka? Bukan hanya karena mereka telah membesarkan kita dengan susah payah, tetapi dalam agama Islam juga sangat jelas bahwa ridho Allah SWT adalah ridho orang tua.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda…
 “Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua”
(Hasan. at-Tirmidzi : 1899,  HR. al-Hakim : 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar : 2394)

Dapat diartikan bahwa di agama kita (Islam), memancing kemarahan orang tua sama dengan membuat Allah marah, dan itu adalah sebuah keharaman. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kita semua untuk menjaga perasaan orang tua.

Bahkan, untuk mengatakan “Ah” kepada kedua orang tua pun sudah dianggap tidak baik, sebagaimana yang sudah dikandung di surat Al-Isra/17:23 – 24

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil"

Jadi kita harus selalu berbakti dan menghormati orang tua. Janganlah kita juga lupa dengan orang tua kita di sekolah, yaitu guru. Walau terkadang kita tidak menyadarinya, tetapi guru juga sangat berjasa. Menghormati guru juga sangatlah penting karena gurulah yang menjaga dan mendidik kita sewaktu kita berada di sekolah.

Sebagaimana yang sudah diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi rahimahullah, Umar bin al-Khattab radhiallahu ‘anhu mengatakan
“Tawadhu’lah (atau berendah dirilah) kalian terhadap orang yang mengajari kalian.”

Jadi, dapat disimpulkan bahwa menghormati orang tua dan guru sangatlah penting karena orang tua telah membesarkan kita dengan susah, jadi kita harus dapat menghormati mereka. Bagi orang yang menyakiti orang tua, kita tahu bahwa kemarahan orang tua adalah kemarahan Allah dan bagi siapa saja yang membuat Allah SWT murka, pasti nerakalah tempat mereka di akhirat kelak. 

Beberapa hal yang kita dapat lakukan untuk menghormati orang tua dan guru adalah.
  • o   Cium tangan kedua orang tua sebelum berangkat sekolah
  • o   Jangan pernah menaikan nada suara pada orang tua dan guru
  • o   Jika ada ketidaksepakatan atau masalah, omongkan dengan baik-baik dan jangan menaikan suara
  • o   Perhatikan guru saat guru sedang mengajar
  • o   Belajar, raih prestasi dan buat orang tuamu bangga
  • o   Jangan melakukan hal yang tidak senonoh dan jangan membuat orang tua kita malu dengan perbuatan kita
Demikian untuk rangkuman kali ini!
Jangan lupa untuk menghormati orang tua dan gurumu

Sumber dan referensi
ghofar1.blogspot.com
muslim.or.id

http://rezaraharjadmpntb.blogspot.com

No comments:

Post a Comment